Lanjutan iHeo 2019 (Part 4 iGEo19)

Oke jadi ini ceritanya gue mau lanjutin cerita kemarin deh hhh semoga bisa selesai di post ini ya :(.

2 August 2019

Hari ini, karena semalam gajadi FWT, ini jadi hari FWTnya - dan well gue gapunya foto apapun di hari ini karena hape kami gaboleh dipake dengan ancaman nilai kita jadi nol (yHa obvious lah ya penjagaannya meskipun santuy-santuy gitu mayan ketat sih). Nah, FWT ini ada 2 part, yaitu ada part di kota Sai Kung yang bagian bangunan-bangunannya dan juga daerah yang disebut sebagai promenande (semacam daerah di sekitar pantai yang berbatasan langsung dengan laut sih). Well, mungkin ini yang bisa gue tunjukkin yang nunjukkin kira-kira daerah FWTnya gimana.

yHa dari panitianya ada yang yOlA

Di part pertama ini, tugasnya adalah mendata land-use yang ada di daerah tersebut dan juga penggolongan tahunnya - yang well connected dengan technical meeting pada hari sebelumnya - kaya bangunan di HK itu sebenarnya berbeda dari segi tahun gitu (misalnya pada tahun sekian bentuknya utilitarian, tahun segini bentuk Y, dan seterusnya). Untuk part ini, gue cukup yakin, karena isinya juga kurang lebih sama kaya apa yang kami kerjain saat pelatnas.
.
.
.
tapi gue somehow rada panikan AHHAHAHA karena gue liatnya yang negara lain (terutama dari hungaria yang temen gue tapi kaya di petanya itu informasinya padat banget gitu loh while isi peta gue biasa2 ajah??. Oke gue akui sih permintaan petanya mayan beda dengan yang biasanya gitu karena kita harus map landuse dari tingkatan yang berbeda (well, for those who dont know, jadinya kan kebanyakan rumah di daerah HK itu tinggi-tinggi dan multifunctioned karena lahan di situ mahal banget, nah otomatis jadinya itu punya mixed land use alias tata guna lahan yang tercampur). Gue akui juga, kalo skill gue di FWT sedikit menurun dibanding tahun lalu kalau dari segi presentasi karena gue semakin lama semakin pengen masukin banyak bet informasi ke peta yang sempit yah jatuhnya jadi berantakan gitu sih hehe.

Part 1 sepertinya cukup mulus untuk kontingen Indonesia, dan pada ngumpulnya tepat waktu. Karena ada taifun Wipha, waktu itu ada hujan gerimis gitu, jadi udah dikasi semacam plastik zipper yang isinya bundle soal untuk menghindari kertas-kertas kita basah - tapi tetap ajah ada yang kebasahan gitu karena engga hujannya, jadi udah engga ditanggungjawabi panitia sih.

Setelah part pertama, kami naik bus ke suatu food court gitu (sepertinya food court sekolah gitu), dan WELL IT WAS THE BEST FOOD I ATE THAT WEEK I MEAN YAZZZZZ - jadi somehow makanan di EduHK itu PARAHHHHHH BANGET IDK KENAPA JUGA GA BERASA GITU LHO I TOT MAKANAN KANADA WAS ALREADY BAD BUT THIS IS GODDAMN WORSE HAHAHAA sampe temen HK gue itu pada komplen :( (padahal hidup di Hong Kong sejak lahir gitu loh hhhh :(). Setelah makan-makan (makannya dengan muka tegang banget juga lol) dan akhirnya kita jalan ke tempat field work kedua (jALAn or naik bus?? gue lupa lol terlalu stressed out kayanya yahh).



Lokasi kedua dari FWT itu adalah Sai Kung juga - tapi di part yang dekat pantai gitu (yang disebut sebagai promenade). Fokus dari FWT itu adalah transportasi ke part ini, dan kegunaan dari promenade itu sendiri. Di sini, gue ikutan panik karena ngeliat ada antek kanada yang lari-lari gitu AHHAHA ga santuy gitu dong ngumpul datanya :(. Overall it was gooood tapi ada problem: peserta diminta untuk mendata SETIAP moda transportasi yang dari dan ke Sai Kung ini. Cara dasarnya yah pasti dari papan-papan yang ada di dekat bus station dong - but it was not enough. Informasi yang ada di sana engga cukup untuk ngisi semua kolom di FWTnya. Setelah kaya 30 menit, gue ngeliat kok... pada rame ngumpul di tempat kaya gini:



Otomatis gue ikutan kepo dong gitu HAHAH. Ketika gue liat di dalamnya, ternyata WOWOWOOWOW isinya itu semua jalur transportasi, baik bus, taxi atau ferry yang dari dan ke Sai Kung. Pantesan rame. Yasuda gue cepat-cepatan nyatat hehe dan yahhh twas good enough.

Ketika mau ngumpul, gue sudah kumpul duluan sekitar -5 menit gitu (kebiasaan sih, agar engga kebelet kekejar waktu gitu sih IMO), dan gue di semacam gazebo gitu sama antek negara Kanada dan Taiwan gitu. Nah, pas ketika udah dekat waktunya (kira-kira 2 menit), si panitianya ini kaya bilang ke antek kanadanya "eh ini bentar lagi mau kumpul, sisa 2 menit", teros malah dibalas songong gitu sama anteknya

"OKAY OKAY I ONLY NEED LIKE 30 SECONDS TO FINISH MY JOB"
.
.
.
ugh dia ngomongnya sambil teriak oq.

Setelah itu, malamnya kami ada tes FWT analisis, yang isinya itu nanya-nanya tentang sejarah perkembangan di Sai Kung dan developmentnya gitu. Pretty much ended here untuk hari ini.

3 August 2019

Hari ini, para peserta jadwalnya kurang lebih ada dua, yaitu tes MMT atau multimedia yang isinya semacam tes pilihan berganda gitu, dan juga cultural night alias kaya kita mempelajari budaya Hong Kong gitu.

MMTnya sendiri engga terlalu susah menurut gue, mungkin yang paling notable itu...

gue bawa gummy bears di ruangan ujiannya hhhh :( dan plastiknya sumpah ribut banget AHHAHA kaya pas gue ambil itu suaranya kresek2 gajelas gitu loh. Untuk soalnya, paling yang unik itu ada MV justin biber teros ditanya peta kontur yang ada di film itu, terus ada tarian Haka gitu. Nothing much special
.
.
or is it?

MY OLYMPIAD JOURNEY ENDED HERE! setelah bertahun-tahun, mulai dari OSK OSP OSN dan pelatnas-pelatnas, akhirnya cerita olimp gue selesai :'). Igeo max diikuti 2 kali saja, dan after allll those wrt fwt mmt pelatnas akhirnya gue bebas! yey.

Siangnya, kami pun ikutan yang disebut sebagai cultural night, dan isinya macem macem (dibagi jadi 4 pos gitu). Pos pertama, kami dikenalin sama bahasa Kanton (YANG RUPANYA SUSAH BET HAHAHA gue yang udah goblok bahasa mandarin malah diliatin lagi sama bahasa ginian yowlo)

Fun fact: emak sama kakek gue itu orang konghu - which means that bahasa ibu mereka adalah bahasa Kanton alias bahasa yang dipake di HK. Sayangnya, gue goblok soal bahasa jadi goodbyE deh.

Pos kedua, kami dikenalin sama tulisan kaligrafi, dan gimana cara nulisnya - terus kaya diajak untuk nulis nama kita sendiri. Syukurlah. gue masih bisa nama gue sendiri dong :'). Oleh-olehnya semacam kertas gitu yang hasil kaligrafi kami, tapi sayangnya dah ilang ahhahahah :(.

Pos ketiga adalah pos kipas tangan tradisional HK gitu, dan diminta sama instrukturnya untuk ngegambar kultur negara masing-masing di kipasnya gitu. Sebagai salah satu orang yang tidak memiliki jiwa seni sama sekali dan sangattttt cupu dalam menggambar.....
.
.
.
gue ngegambar logo indomi. Ya. Sebagai penganut agama indomi yang kaffah, gue ngegambar indomi.

AND WELL RUPANYA INDOMI TERKENAL DI HK LHOOO. Temen-temen HK gue yang udah panitia rupanya tau indomi dan ada sebutannya dalam bahasa Kanton :'). Alhasil, indon-indon pun difoto dan diuplod di fbnya iheo ngehehehe.


Aq dan juga kipas inDomiE

Setelah itu, ada sesi perkenalan tentang daerah tourism di HK, dan persiapan untuk penampilan tim (which dikelompokkan menurut grup). Grup gue pun memutuskan untuk nampilin semacam recap apa yang terjadi selama iheo 19 yang keos ini, dan gue perannya jadi pesawat ?? dan juga ada sih ngatur2 musik gitu hehehe tapi overall it was fun! apalagi sesama asien (re: taiwan HK jepun) lumayan kompak hehehehe.

Oke rupanya engga bisa siap ya cerita iheo ini huhu saia cape :( nanti saya lanjutin deh.

Komentar

  1. Semangat terus kk nulis blog nya, biar pengalamannya jg bisa bermanfaat untuk bnyk org sebagai motivasi untuk mencapai ambisi di dunia per-olimpiadean :))

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

E-Book Geografi

OSN? Makanan ringan apa itu?

Tutorial Ngejawab Esai (Untuk OSP/OSN/KSP/KSN dan kawan-kawannya)